Cara Bedakan Listrik Subsidi dan Nonsubsidi, Cek Apakah Anda Pelanggan 900 VA yang Dapat Diskon




Info Satu - Apakah listrik di rumah Anda termasuk subsidi atau nonsubsidi? Simak artikel ini untuk mengetahui cara mengeceknya.

Sesuai janji Presiden Joko Widodo (Jokowi), pemerintah merealisasikan program listrik gratis 3 bulan bagi pelanggan PLN berdaya 450 VA.

Sementara untuk pelanggan dengan daya 900 VA, diberikan keringanan biaya, yakni diskon 50% dari tarif setiap bulan selama 3 bulan.

Meski demikian, perlu untuk dicatat tidak semua pelanggan PLN berdaya 900 VA mendapatkan diskon tersebut.

Hal itu dikarenakan ada dua kategori pelanggan listrik PLN, yakni subsidi dan nonsubsidi.

Bagaimana cara membedakan mana pelanggan 900 VA subsidi dan mana pelanggan 900 VA nonsubsidi?

Cara Mengecek Apakah Listrik 900 VA Subsidi atau Nonsubsidi

PLN melalui akun resmi Instagramnya membagikan cara membedakan keduanya, yakni dengan melihat kode di struk pembayaran.

Pada kolom Tarif/Daya, jika tertera kode R1, itu berarti listrik subsidi dan mendapat keringanan.

Sementara listrik nonsubsidi ditengarai dengan kode R1M yang berarti tidak mendapatkan keringanan tarif.

Cara Klaim Token Listrik Gratis maupun Diskon 50%

Untuk pelanggan pascabayar tagihan listrik berdaya 450 VA akan langsung digratiskan selama tiga bulan ke depan.

Kemudian untuk pelanggan berdaya 900 VA subsidi pascabayar, rekening akan didiskon 50% dan dibayarkan setiap bulan seperti biasa.

Sementara itu, bagi pelanggan prabayar, token bisa diperoleh melalui website resmi PLN atau melalui WhatsApp.

Perlu dicatat, untuk pelanggan prabayar berdaya 900 VA subsidi, token listrik akan didiskon 50% dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Berikut ini cara mendapatkan token gratis dan diskon 50% melalui website resmi PLN dan WhatsApp.

Mekanisme website dengan cara:

Buka alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19
Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar
Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara:

Buka Aplikasi WhatsApp
Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan
Token gratis akan muncul
Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Klaim Token Listrik via WhatsApp Baru Bisa Dilakukan Senin (6/4/2020)

Hingga Jumat (3/4/2020) siang, token gratis masih belum bisa diklaim melalui WhatsApp.

Dilansir dari Kompas.com, Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan hal tersebut bukan diakibatkan kesalahan dari pihaknya, melainkan karena adanya perbaikan server dari pihak WhatsApp.

Ia menjelaskan, saat ini WhatsApp sedang melakukan perbaikan dan pengembangan server untuk mengantisipasi tingginya traffic terhadap kontak yang telah disediakan PLN.

"Untuk nomor WhatsApp memang hari ini mendapatkan laporan sedikit bermasalah, bukan dari pihak PLN-nya, tapi dari pihak WhatsApp yang sedang meng-upgrade servernya, karena memang traffic-nya akan sangat tinggi," tuturnya dalam video conference, Jumat.

Proses upgrade tersebut akan memakan waktu beberapa hari sehingga klaim token listrik gratis baru bisa dilakukan melalui WhatsApp pada Senin (6/4/2020).

"Insya Allah nanti akan bisa berjalan mulai hari Senin, hari ini masih sedang dalam tahap perbaikan. Bukan dari PLN nya, tetapi dari server pihak WhatsApp dengan Facebook," ujar Darmawan.

Semoga Bermanfaat bagi anda.

Post a Comment

0 Comments